Prof. Dr. M. Din Syamsuddin Jadi Pembicara di Vatikan

 

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin sejak 11 sd 13 Nopember 2014 berada di Vatikan. Kunjungannya kali ini adalah dalam rangka mengikuti The Third Catholic-Muslim Forum, sebuah forum dialog antara para tokoh Katholik dan Muslim sedunia. Forum, yang merupakan kerjasama antara Vatikan dan Gerakan Common Word (Kalimatun Sawa') yg berpusat di Amman, Jordan, dilaksanakan sekali dua tahun, mulai 2010 di Vatikan, dan 2012 di Laut Mati, Jordan.

Jika pada Forum pertama dihadiri 21 tokoh dari masing-masing pihak, dan Forum kedua 23 tokoh, maka pada Forum ketiga di Vatikan hanya dihadiri oleh 13 tokoh dari pihak Katholik dan pihak Muslim. Hadir dari pihak Katholik antara lain Cardinal Jean-Louis Tauran (President of Pointifical Council of Interreligious Dialogue, Vatican), Father Miguel Ayuso Guixot, Vatican, Mgr. Khaled Akasheh, Biro of Islam, Vatican, Prof. Vincenzo Buonomo, Pontifical Lateran University, Rome, Mgr. Hario Antoniazzi, Archbishop of Tunis. Dari pihak Muslim hadir Prof. Hossein Nasr, ulama/cendekiawan Muslim asal Iran, Prof. Abdullah Scheleifer, Mesir, Prof. Mustafa Ceric, Grand Mufti of Bosnia, Shaikh Naim Ternava, Grand Mufti of Kosovo, Prof. Ali Aref Nayed, Libya, dan Prof. Din Syamsuddin, Indonesia.

Forum ketiga ini mengangkat tema Working Together to Serve Other, dan membahas subtema tentang service of youth, enhance Interreligious dialogue, dan service of society dengan seorang narasumber dari masing-masing pihak. Din Syamsuddin tampil mewakili Muslim pada sesi ketiga tentang Working Together to Serve Society (Kerjasama Melayani Masyarakat).
Dalam makalahnya, Din Syamsuddin membahas perspektif teologis kerjasama antar umat beragama, dan alasan-alasan sosiologis tentang perlunya kerjasama itu dikembangkan dlm rangka mengatasi kerusakan dunia yang bersifat akumulatif, serta bentuk-bentuk kerjasama yg perlu dikembangkan dlm berbagai aspek kebudayaan.

Pada akhir kegiatan, semua peserta diterima oleh Paus Fransiscus di ruang kerjanya di lingkungan Vatikan, dan masing-masing peserta mendapat kenang-kenangan dari Paus Fransiscus. Bagi Din Syamsuddin ini adalah kali kedua diterima Paus Fransiscus setelah yg pertama pada 2014 kala menghadiri acara lain juga di Vatikan. Dengan Paus Benediktus XVI, Din Syamsuddin sempat bertemu empat kali dlm berbagai konperensi di Italia.
Dlm kunjungan ke Vatikan/Roma kali ini, Din Syamsuddin, yg pada dua tahun lalu memperoleh Anugerah Bintang Italia (The Italian Star) dari Pemerintah Italia, menyempatkan diri bertemu dengan tokoh Italia termasuk Imam Yahya Sergio Fellavicini, tokoh Muslim di Italia, yg juga akan hadir sebagai peserta The 5th World Peace Forum yg dilaksanakan Muhammadiyah dan Center for Dialogue and Cooperation among Civilizations (CDCC) 20-23 Nopember 2014 di Jakarta.

Sumber: http://www.m-dinsyamsuddin.com/index.php/77-news99491811/220-ketua-umum-pimpinan-pusat-muhammadiyah-prof-dr-m-din-syamsuddin-jadi-pembicara-di-vatikan

Prof. Dr. M. Din Syamsuddin Jadi Pembicara di Vatikan 4.5 5 Imam Ali Fahmi Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin sejak 11 sd 13 Nopember 2014 berada di Vatikan. Kunjungannya kali ini adalah dalam r...


J-Theme